BERITA TERKINI

Gelar Musrenbang, Pemkab Magetan Prioritaskan 8 Program di Tahun 2023



TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN - Susun RKPD tahun 2023, Pemkab Magetan menggelar Musrenbang di Pendopo Surya Graha, Rabu (23/3/2022).

Turut hadir dalam Musrenbang, Bupati Magetan, Suprawoto, jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Magetan, Sujatno, Kepala OPD, Kepala Bakorwil Madiun, Kepala Bappeda Jawa Timur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Setidaknya dalam Musrenbang kali ini, Pemkab Magetan prioritaskan 8 program di tahun 2023 diantaranya Program lanjutan; Penanganan kesehatan; Infrastruktur, konektifitas, informatika; Peningkatan produktifitas agro dan UKM; Pengembangan kepariwisataan daerah; Penanggulangan kemiskinan dan berkebutuhan khusus; Penyelamatan lingkungan serta Ekonomi Rakyat.

Sementara itu, dalam sambutannya, Bupati Magetan, Suprawoto, menyampaikan indeks pertumbuhan ekonomi di Magetan saat ini masih dibawah Provinsi Jatim. Meskipun demikian, dirinya menegaskan untuk yang lain sudah berada diatas rata-rata.

"Pertumbuhan ekonomi masih dibawah Jatim, yang lain sudah diatas rata-rata," ungkap Suprawoto.

Perlu diketahui, menurut data BPS Capaian Indikator Ekonomi Makro di RKPD tahun 2021 tingkat pertumbuhan ekonomi Kabupaten Magetan ditargetkan 5,2%. Namun pencapaian di tahun berkenaan mengalami penurunan di angka 3,04%.

Tidak hanya itu, laju inflasi pun juga sama, dimana pada RKPD 2021 ditargetkan 3% tapi di tahun berkenaan hanya mencapai 1,39%.

Meskipun demikian, untuk indikator lainnya seperti angka kemiskinan, tingkat pengangguran terbuka (TPT), indeks pembangunan manusia (IPM) serta indeks gini mengalami kenaikan dari yang ditargetkan.(NYR)