BERITA TERKINI

Cegah Penyebaran PMK Hewan Ternak, Polres Magetan bersama Disnakan Gelar Pengecekan


 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak menjadi perhatian sejumlah pihak, tidak terkecuali Polres Magetan.

 

Bersama Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magetan, anggota Polres Magetan melakukan pengecekan dan pemberian suntikan vitamin maupun disinfektan terhadap 100 ekor sapi dan 50 ekor kambing di Pasar Pahing Desa Selopanggung, Kecamatan Ngariboyo, Rabu (11/05/2022).

 

"Kita akan terus bersinergi dan kolaborasi dengan dinas peternakan dan perikanan Magetan untuk pendataan guna menginvetarisasi kerawanan penyakit ternak dan pengecekan guna mencegah penularan dan penyebaran PMK ternak agar tidak terjadi di Magetan," kata AKBP Yakhob Silvana Delareskha, Kapolres Magetan.

 

Dijelaskan Kapolres, kegiatan pengecekan tersebut dilakukan secara acak di pasar-pasar hewan Kabupaten Magetan. Mengingat ditemukannya kasus PMK hewan ternak di beberapa daerah Jawa Timur.

 

"Di beberapa kota di Jawa Timur sudah ditemukan beberapa kasus PMK pada hewan ternak, kita segera mengantisipasinya berkoordinasi dengan dinas terkait terutama Dinas Peternakan dan Perikanan agar tidak sampai ada penyebaran di Magetan," jelasnya.

 

Kapolres Magetan mengungkapkan jika pihaknya siap bekerjasama dengan dinas terkait untuk melakukan patroli dan melakukan pengawasan terhadap aktivitas keluar masuk hewan ternak di wilayah Kabupaten Magetan.

 

Tidak hanya itu, patroli terpadu di tingkat kecamatan dan sentra-sentra peternak sapi maupun kambing dengan terus memberikan sosialisasi, imbauan dan edukasi kepada masyarakat untuk tenang juga dilakukan.

 

Dan kini berdasarkan patroli pengecekan yang dilakukan tersebut belum ditemukan kasus PMK di wilayah Kabupaten Magetan.(dny/hms)