BERITA TERKINI

Cegah Stunting, Kemenag Ponorogo Dukung Aplikasi Elsimil

Gedung Kemenag Kabupaten Ponrogo, FOTO: DNY

TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO – Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil (Elsimil) adalah sebuah program untuk mendeteksi lebih awal terhadap potensi bayi yang akan dilahirkan dengan melihat kondisi calon pasangan pengantin.

Elsimil merupakan program pemerintah yang diluncurkan pada awal tahun guna mencegah stunting melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Stunting sendiri adalah kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berdampak jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia.

Untuk itulah Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ikut mendukung penerapan aplikasi tersebut. Caranya dengan memastikan setiap Calon Pengantin (Catin) yang mendaftar di Kantor Urusan Agama (KUA) telah memperoleh Sertifikat Elsimil.

Kepala Kankemenag Kabupaten Ponorogo melalui Kasi Bimas Islam, Hayat Prihono W, S.Ag, mengatakan dalam upaya menerapkan Elsimil, petugas Kantor Urusan Agama (KUA) di kecamatan saat menerima pendaftaran nikah dari masyarakat sepakat menanyakan kepada Catin apakah telah memperoleh Sertifikat Elsimil.

“Tentunya dalam melaksanakan tugas, KUA kecamatan yang menerima pendaftaran nikah dari masyarakat sepakat menanyakan apakah sudah memperoleh sertifikat Elsimil,” kata Hayat Prihono, Jumat (27/5).

Jika Catin sudah memperoleh, lanjut Hayat, petugas KUA akan menerima berkasnya. Namun jika belum, berkas tetap diterima dengan catatan Catin segera menyelesaikannya melalui petugas desa atau petugas KB kecamatan.

“Jika sudah petugas akan menerima berkasnya, dan jika belum berkas tetap diterima tapi Catin masih ada PR untuk menyelesaikan Elsimilnya ke petugas desa atau KB di kecamatan,” jelasnya.(DNY)