BERITA TERKINI

Gebyar Kampoeng Pamelo Desa Pojoksari Menambah Daftar Destinasi Wisata Magetan



 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Meskipun hanya digelar setahun sekali, Gebyar Kampoeng Pamelo yang diadakan Pemdes Pojoksari, Kecamatan Sukomoro dapat menambah destinasi wisata di Kabupaten Magetan.

 

Betapa tidak, Gebyar Kampoeng Pamelo yang diisi dengan berbagai macam kegiatan seperti bazar jeruk pamelo makan di tempat maupun petik sendiri di kebun, stand jeruk pamelo, lomba perkutut, pertandingan bola voli, lomba mancing hingga pentas seni panggung hiburan tersebut mampu menyedot pengunjung dari berbagai daerah.




Kepala Desa Pojoksari, Edi Mulyono, mengatakan dalam momentum yang menyajikan 15 stand jeruk pamelo kali ini mengunggulkan tiga jenis jeruk asli Magetan yakni Sri Nyonya, Nambangan dan Bali Merah. Dimana semua jenis tersebut berasal dari lahan petani warga desanya.


Dan untuk jumlah penjualan, dirinya memperkirakan mencapai 15 ribu buah. Maka tentunya dengan jumlah itu, pengunjung yang datang pun juga tidak sedikit.  

 

“Untuk target kita berkaca 2 tahun yang lalu mencapai 15 ribu, dan mungkin ini sama,” ungkap Edi Mulyono di lokasi acara, Sabtu (7/5/2022).

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Joko Trihono, turut mengapresiasi konsep yang digunakan Pemdes Pojoksari. Ia mengatakan jeruk pamelo sangat layak untuk dikembangkan karena sebagai salah satu pendorong destinasi wisata di Kabupaten Magetan.


“Potensi jeruk pamelo itu sangat layak untuk dikembangkan di Kabupaten Magetan sebagai salah satu supporting untuk destinasi wisata,” kata Joko Trihono.

 

Dijelaskan Joko, dengan adanya multiefek dari Gebyar Kampoeng Pamelo itu dapat mengedukasi masyarakat tentang jeruk pamelo.

 

“Dengan multiefek itu yang tadinya tidak kenal dengan jeruk pamelo akan menjadi kenal dan akan beli. Dan dengan hadir di sini dia akan menceritakan storynya ke orang lain,” pungkasnya.

 

Untuk diketahui, di Kabupaten Magetan terdapat beberapa daerah penghasil jeruk pamelo yakni Kecamatan Bendo, Takeran, Sukomoro dan Kawedanan yang biasa disingkat Betasuka.(DNY)