BERITA TERKINI

Rimbil Jajanan Tradisional Tempo Dulu Ternyata Masih Ada



TEROPONGNUSA.COM | PONOROGO - Rimbil (teri kambil / ikan Teri dan Kelapa) merupakan jajanan khas tradisional. Selain dimakan langsung, makanan dari Ponorogo ini biasanya menjadi pendamping hidangan pecel.


Meski demikian tidak semua pedagang pecel menyediakannya, entah karena peminatnya berkurang atau karena tergerus oleh jaman. Sehingga di era saat ini Rimbil sudah jarang ditemui.

Tapi mungkin bila kita menemui penjual pecel di pagi hari, Rimbil bisa jadi masih ditemukan. Namun jika kita mencarinya di luar waktu itu bisa dipastikan sudah jarang didapati.

Kecuali di daerah-daerah tertentu terutama yang masih optimis dengan jajanan Rimbil. Seperti contohnya di sebuah warung kecil di Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel yang ternyata masih menjualnya.

Jelas hal itu membuat salah seorang pembeli merasa bertanya tentang jajanan tersebut.

"Ini namanya makanan apa Bu," tanya Hendri seorang wartawan sekaligus pembeli kepada pemilik warung, Selasa (17/05/2022).

Setelah dijelaskan oleh pemilik warung, Hendri pun mencoba memakannya. Alhasil, dirinya baru menyadari jika jajanan itu ternyata ada di era serba modern ini.

Pun demikian dengan wartawan media ini, hal yang sama juga dirasakan. "Ternyata rasanya tidak kalah dengan jajanan sekarang," ujar Denny Rubi, seorang wartawan yang berada satu warung dengan Hendri.

Semua yang terjadi di atas merupakan sebuah pelajaran bagi kita. Bahwa ternyata perubahan jaman tidak serta merta menggerus segalanya, terutama makanan tradisional. Jadi tetaplah optimis dengan makanan ataupun jajanan resep warisan leluhur kita.(DNY)