BERITA TERKINI

Kirab Budaya Nusantara PSHT, Tim Bima Disambut Atraksi Manusia Lumpur di Cabang Bojonegoro

 


TEROPONGNUSA.COM | BOJONEGORO
– Dalam rangka Kirab Budaya Nusantara menjelang 1 Abad Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Tim Bima yang ditugaskan menjemput tanah dan air disambut oleh atraksi manusia lumpur saat tiba di Cabang PSHT Bojonegoro, Jawa Timur, Selasa (12/7/2022).

 

Penyambutan itu dilakukan sejak beberapa ratus meter dari lokasi Pusat Latihan PSHT Cabang Bojonegoro di wilayah Kecamatan Kapas. Dengan berjalan kaki, Tim Bima diarak bersama menuju lokasi.

 

Menurut Ketua PSHT Cabang Bojonegoro, Wahyu Subakdiono, mengatakan manusia lumpur tersebut merupakan visualisasi sebagai tanah. Karena tanah itu lebih tua dari manusia yang sekaligus tempat mendapatkan makan dan minum. Disamping itu tanah juga merupakan sumber kehidupan manusia.

Tim Bima diarak menuju lokasi serah terima tanah dan air

 

“Manusia lumpur itu menurut kami adalah visualisasi tanah, karena tanah lebih tua dari manusia yang sekaligus tempat mendapatkan makan dan minum serta sumber kehidupan manusia,” terang Wahyu, di Bojonegoro, Selasa (12/7/2022).

 

Selain manusia lumpur, PSHT Cabang Bojonegoro juga menyajikan tarian Sandur yang saat ini telah langka.

 

Tim Bima merupakan salah satu dari 5 tim yang ditugaskan oleh Pengurus Pusat PSHT. Dimana tugasnya adalah menjemput tanah dan air dari seluruh cabang di Indonesia dengan rute yang berbeda.

 

Nantinya tanah dan air tersebut akan ditanam di Monumen Satu Abad PSHT di komplek Padepokan Agung Madiun, Jalan Merak, Kota Madiun.

 

Perlu diketahui, PSHT yang diketuai oleh R Moerdjoko HW dan Ketua Dewan Pusat, H. Issoebijantoro, tersebut akan memperingati 1 Abad PSHT pada puncaknya 2 September 2022, dan hingga kini sejumlah rangkaian kegiatan telah mulai digelar.(NYR)