BERITA TERKINI

Kirab Budaya Nusantara PSHT, Tim Bima Disambut di Pendopo Agung Wedya Graha Pemkab Ngawi

Prosesi Potong tumpeng oleh Ketua PSHT, R Moerdjoko HW disela serah terima tanah dan air

 

TEROPONGNUSA.COM | NGAWI – Tepatnya hari ketiga dalam menjalankan tugas menjemput tanah dan air di cabang-cabang yang menjadi rute, Tim Bima tiba saatnya mengunjungi Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Cabang Ngawi, pada Rabu (13/7/2022).

 

Di Cabang Ngawi, prosesi serah terima tanah dan air dilaksanakan di Pendopo Agung Wedya Graha Pemerintah Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

 

Selain jajaran pengurus SH Terate Cabang Ngawi, prosesi kali ini juga langsung dihadiri oleh Bupati Ngawi, Oni Anwar Harsono, S.T., M.H. beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Mantan Bupati Ngawi, Budi Sulistyono atau akrab disapa Kanang, pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Ngawi, serta perwakilan perguruan pecak silat yang ada di wilayah Kabupaten Ngawi.

Tim Bima diarak menuju Pendopo Agung Wedya Graha Pemkab Ngawi

Bahkan, Ketua Umum SH Terate, R Moerdjoko HW, juga secara khusus hadir dalam rangkaian Kirab Budaya Nusantara tersebut.

 

Kemeriahan acara mulai terlihat dengan adanya penyambutan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Banyuurip yang menampilkan tarian anak-anak dengan dihadiri perwakilan jajaran pengurus SH Terate Cabang Ngawi beserta tokoh.

 

Lalu kemeriahan berikutnya tampak dari ribuan anggota SH Terate dari warga hingga siswa Cabang Ngawi. Mereka berjajar di sepanjang ruas jalan yang dilalui Tim Bima hingga masuk lokasi Pendopo Agung Wedya Graha.

Iring-iringan kendaraan Tim Bima menuju Kabupaten Ngawi


Ketua Koordinator Tim Bima, Drs. Hendri Sugeng Santoso, menyampaikan rasa terima kasihnya atas penyambutan tersebut. Beliau berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat di acara. Terlebih kepada jajaran pengurus Cabang Ngawi yang telah menyelesaikan tugas mengumpulkan tanah dan air.

 

“Kami ucapkan terimakasih kepada Cabang Ngawi dan semua pihak yang memeriahkan prosesi ini. Kami akan mengantarkan amanah ini untuk membawa tanah dan air ke Padepokan Agung Madiun,” kata Hendri.

 

Sementara itu, Ketua Kirab Budaya Nusantara, HM. Rosadin, S.H., M.H, juga turut memberikan apresiasi atas terselenggaranya Kirab Budaya Nusantara kali ini.

 

Diungkapkan beliau, acara menyambut 100 tahun SH Terate tidak akan terulang kembali di masa mendatang. Maka dari itu beliau mengajak kepada seluruh anggota SH Terate untuk berpartisipasi dalam mensukseskannya.

 

“Kirab Budaya Nusantara menyambut 100 tahun SH Terate ini tidak akan kita alami di masa mendatang. Maka dari itu mari kita semua khususnya anggota SH Terate ikut berpartisipasi dalam mensukseskan acara emas ini,” tutur HM. Rosadin.

 

Tim Bima merupakan salah satu dari 5 tim yang dibentuk oleh Pengurus Pusat PSHT. Nantinya tanah dan air yang dikumpulkan dari seluruh cabang PSHT se-Indonesia akan ditanam di komplek Papedokan Agung Madiun, Jalan Merak, Kota Madiun pada puncak peringatan 1 Abad pada 2 Semptember 2022.(NYR)