BERITA TERKINI

Antisipasi Genangan Air Saat Hujan, DPUPR Bidang Cipta Karya Bangun Saluran Drainase Lingkungan Desa Nguntoronadi

Tim Dinas PUPR Magetan Bidang Cipta Karya sidak di lokasi pengerjaan/Foto: DNY

 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN - Di sebuah kawasan berpenduduk, drainase memiliki peranan yang sangat penting. Sebab dengan drainase tentunya dapat mencegah berbagai permasalahan termasuk mengurangi kemungkinan banjir, mengendalikan permukaan air tanah, erosi tanah serta mencegah kerusakan jalan dan bangunan yang ada.

 

Untuk itulah menjelang akhir tahun 2022 kali ini, Pemerintah Kabupaten Magetan melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Bidang Cipta Karya, melaksanakan pembangunan Peningkatan Saluran Drainase Lingkungan Desa Nguntoronadi, Kecamatan Nguntoronadi.

 

Pekerjaan yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Magetan tahun 2022 senilai Rp313.163.693 tersebut memiliki panjang kurang lebih 350 meter dengan masa pengerjaan sekitar 3 bulan hingga November mendatang.

 

Kepala Bidang Cipta Karya, DPUPR Kabupaten Magetan, Rokhmat Zainuddin, mengatakan dipilihnya titik lokasi pembangunan di Nguntoronadi ini karena pada musim hujan sebelumnya kerap terjadi genangan air sampai di ruas jalan, sehingga mengganggu para pengendara yang melintas.  

 

“Di tahun kemarin saat musim hujan terjadi genangan yang cukup mengganggu pengguna jalan,” kata Rokhmat, Selasa (27/9/2022).

 

Dijelaskannya, jika kondisi tersebut tidak segera diatasi pihaknya kuatir akan membawa dampak buruk rusaknya jalan seperti keropos hingga berlubang. Dan jika itu terjadi maka secara tidak langsung juga akan mengakibatkan kerugian negara.

 

“Kalau tidak segera diantisipasi nanti kerusakannya semakin berat dan menyebabkan kerugian negara yang berat juga,” tandasnya.

 

Sementara itu, Suroto, salah satu warga setempat mengaku senang dengan adanya pembangunan tersebut. “Alhamdulillah salurannya sudah dibangun, jadi kalau hujan nanti airnya tidak meluap lagi ke jalan,” ucapnya.(DNY/adv)