BERITA TERKINI

Khofifah Indar Parawansa Kunjungi Makam Gubernur Suryo di Magetan

 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Makam Gubernur Suryo di Magetan/Foto: Denny Rubi

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN -  Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Makam Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo atau lebih dikenal dengan nama Gubernur Suryo di Kabupaten Magetan untuk melakukan ziarah, Kamis (6/10/2022).

 

Untuk diketahui, Gubernur Suryo merupakan gubernur pertama di Jawa Timur. Selain itu, Gubernur Suryo juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan pada 1938 hingga 1943.

 

“Ini adalah rangkaian HUT Pemprov yang ke-77 pada 12 Oktober 2022, seperti tahun-tahun sebelumnya salah satu rangkaiannya adalah kita melakukan apel ziaroh ke Makam Gubernur Suryo Gubernur Jatim pertama,” kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, di Magetan.

 

Diungkapkan Khofifah, dalam rangkaian hari jadi Provinsi Jatim tahun ini beberapa agenda ditiadakan. Hal itu dikarenakan suasana sedang berkabung dengan adanya insiden di Stadion Kanjuruhan.

 

“Hari ini kebetulan kita masih suasana berkabung duka yang mendalam dari insiden Kanjuruhan maka saya dan tim panitia HUT Pemprov memotong beberapa agenda yang semula sebelum Covid kita menyelenggarakan pesta rakyat maka tahun ini kita tiadakan,” ujarnya.  

 

Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan ziarah kali ini diawali dengan serangkaian upacara yang dilanjutkan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di Makam Gubernur Suryo. Selain itu juga memberikan tali asih kepada keluarga Gubernur Suryo, santunan anak yatim dan penyerahan sembako bagi warga sekitarnya.(DNY)