BERITA TERKINI

Masjid Ki Mageti Menjadi Kado Hari Jadi ke-347 Kabupaten Magetan

Bupati Magetan, Suprawoto, saat konferensi pers di ruang jamuan Pendopo Surya Graha/Foto: DNY

 

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN – Masjid Ki Mageti yang berlokasi di Kebun Bunga Refugia, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur menjadi kado hari jadi ke-347 Kabupaten Magetan. Hal itu dikatakan Bupati Magetan, Suprawoto, saat menggelar konferensi pers di ruang jamuan Pendopo Surya Graha, Selasa (11/10/2022).  

 

“Sebagai kado besok HUT Magetan yang ke-347, kita akan meresmikan Masjid Ki Mageti,” ungkap Bupati Suprawoto.

 

Bupati menjelaskan, Masjid Ki Mageti tersebut merupakan sejarah perkembangan Islam dan kemajuan Magetan di masa lalu.

 

“Nilai substansinya tidak ternilai karena kayu-kayunya mengandung sejarah perkembangan Islam di Magetan dan perkembangan kemajuan Magetan di masa lalu,” jelasnya.

 

Sedangkan alasan dipilihnya pembangunan di Kebun Bunga Refugia, karena di tempat tersebut merupakan tempat istirahat (rest area). Dimana jika rest area ramai jika masjidnya representative.

 

“Res area itu ramai kalau masjidnya representative, makanya kita bukakan di sana supaya ada integrasi,” tandas Bupati.

 

Sementara itu, sumber utama biaya pembangunan Masjid Ki Mageti tersebut berasal dari swadaya masyarakat khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menyumbang secara sukarela.

 

“Ini swadaya masyarakat, APBD sangat kecil sekali. Semua adalah sumbangan dari masyarakat penyokong utamanya dalah ASN di Magetan secara sukarela,” terang Bupati Suprawoto.

 

Untuk diketahui, sebagai puncak perayaan hari jadi ke-347 Kabupaten Magetan akan digelar pada Rabu 12 Oktober 2022 besok dengan salah satu agendanya adalah peresmian Masjid Ki Mageti.(DNY)