BERITA TERKINI

Pasca Tragedi Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot


 

TEROPONGNUSA.COM | MALANG – Pasca tragedi yang menewaskan ratusan korban jiwa di Stadion Kanjuruhan Malang, Jawa Timur pada beberapa waktu lalu, berujung dicopotnya Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

 

“Menonaktifkan sekaligus mengganti Kapolres Malang,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.

 

Dijelaskan Dedi, sebagai pengganti Kapolres Malang yaitu AKBP Putu Kholis Arya yang sebelumnya menjabat Kapolres Tanjung Priok. Sementara AKBP Ferli dimutasikan ke Pamen SDM Pori.

 

Tidak hanya itu, dikatakannya, Kapolda Jatim pun juga melakukan hal yang sama dengan menonaktifkan beberapa pejabat.

 

“Kapolda Jatim pun melakukan langkah yang sama melakukan penonaktifan jabatan Danyon, Danki, dan Danton Brimob sebanyak 9 orang,” tambah Dedi.

 

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan tragedi Kanjuruhan Malang, bukan disebabkan bentrok antarsuporter. Korban meninggal dunia karena desak-desakan dan terinjak. Hal tersebut disampaikan Mahfud MD dalam akun Instagram-nya, Minggu (2/10/2022).

 

"Oleh sebab itu, para korban pada umumnya meninggal karena desak-desakan, saling himpit, dan terinjak-injak, serta sesak napas. Tak ada korban pemukulan atau penganiayaan antarsuporter," kata Mahfud.

 

Seperti diketahui, tragedi usai pertandingan Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, menyebabkan 129 orang meninggal dunia. Tragedi Kanjuruhan ini menjadi kabar duka bagi dunia sepakbola Tanah Air. Selain 129 orang tewas, ada seratusan warga yang juga masih dalam perawatan.