BERITA TERKINI

Bendung Dongori Dapat Perhatian DPUPR Magetan, Tahun Depan Segera Direhabilitasi

Bendung Dongori Desa Bungkuk, Kecamatan Parang/Foto: NYR

TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN
 – Bendung Dongori di Desa Bungkuk, Kecamatan Parang bakal mendapat perhatian Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Magetan. 

 

Betapa tidak, pada tahun 2023 mendatang bendung yang merupakan bagian dari aliran sungai Banaran itu akan direhabilitasi.

 

Selain untuk meningkatkan fungsi dan peranan sebagaimana bendung itu sendiri, rehabilitasi tersebut dilakukan menyusul adanya bangunan yang mulai rusak karena termakan usia.

 

Kepala Bidang SDA DPUPR Kabupaten Magetan, Yuli K Iswahyudi, mengatakan, untuk pengerjaan proyek tersebut pihaknya akan mengalokasikan anggaran sekitar Rp200 juta yang bersumber dari Anggaran Perencanaan Belanja Daerah (APBD).

 

“Nanti kita anggarkan sekitar Rp200 juta dari APBD,” ujar Yuli, Rabu (7/12/2022).

 

Dijelaskan Yuli, dalam rehabilitasinya nanti mencakup penguatan tanggul, sayap bendung, serta bagian-bagian penting lainnya yang berkaitan dengan faktor untuk meningkatkan fungsi bendung.

 

Bahkan, lanjut Yuli, selain melakukan rehab tersebut tidak menutup kemungkinan juga akan dibangun saluran irigasi menuju daerah hilir.

 

“Tidak menutup kemungkinan nanti kita juga bangun saluran irigasi,” pungkasnya.

 

Diketahui, Bendung Dongori memiliki peranan penting untuk irigasi daerah dibawahnya yakni Desa Bungkuk dan Mategal. Sehingga rehabilitasi yang akan dilakukan tahun depan tersebut adalah suatu langkah tepat.(DNY/ADV)