BERITA TERKINI

Difasilitasi Diskominfo, Puluhan Wartawan Magetan Mengikuti UKW


TEROPONGNUSA.COM | MAGETAN
– Difasilitasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), sejumlah wartawan yang menjadi mitra kerjanya mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di salah satu hotel kawasan Kota Magetan.

 

Digelar dua hari pada 14 – 15 Desember 2022, UKW tersebut menggandeng sebuah lembaga penguji yang ditunjuk Dewan Pers.

 

Kepala Diskominfo Magetan, Cahaya Wijaya, mengatakan, kegiatan itu selain meningkatkan profesional pers juga bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk-produk jurnalistik serta membangun sinergitas dan kerjasama antara Pemkab Magetan awak media yang bertugas di wilayah Kabupaten Magetan.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Magetan, Nanik Endang Rusminiarti, yang turut hadir dalam pembukaan UKW memberikan apresiasi atas terselenggaranya UKW kali ini. Ia berharap para wartawan yang mengikuti ujian tersebut nantinya dapat meningkatkan profesionalitasnya.

 

“Mudah-mudahan dengan uji kompetensi ini, dapat meningkatkan profesionalitas wartawan yang bertugas di Magetan. Sehingga, dapat tercipta produk-produk jurnalistik yang lebih berkualitas dan informatif dalam pelaksanaan diseminasi informasi di Kabupaten Magetan," ungkapnya.

 

Sebelumnya, para peserta ujian tersebut telah mengikuti workshop dan pra UKW yang berlangsung di Graha Literasi Plaosan.

 

Menjadi wartawan merupakan hak asasi seluruh warga negara dan tidak ada ketentuan yang membatasi hak seseorang untuk menjadi wartawan. Meski demikian standar kompetensi ini menjadi alat ukur profesionalitas wartawan dan diperlukan untuk melindungi kepentingan publik dan hak pribadi masyarakat.(DNY)